Daftar Konsumsi Makanan yang Menjadi Larangan saat Haid

Daftar Konsumsi Makanan yang Menjadi Larangan saat Haid

Larangan saat haid adalah sesuatu yang harus diperhatikan untuk menjaga tubuh supaya terhindar dari resiko-resiko yang ada. Karena seperti yang bisa diketahui sendiri, pertahanan tubuh saat sedang menstruasi memang harus benar-benar dijaga, karena dalam kondisi ini, badan akan memiliki sensitivitas terhadap beberapa hal tertentu.

Haid sendiri terjadi karena ovarium yang tidak dibuahi meluruh beserta dinding rahim yang berupa darah. Ini mengapa, saat terjadi kehamilan, maka perempuan tidak akan mengalami menstruasi, karena berhasilnya proses pembuahan. Nah, biasanya haid terjadi selama sekitar satu minggu dalam satu bulannya. Saat berada dalam haid, akan ada beberapa pantangan yang memang sebaiknya dipatuhi agar badan tetap merasa sehat dan tidak terkena resiko tertentu.

Salah satu larangan tersebut adalah menghindari makanan tertentu. Tidak perlu merasa cemas lagi karena di bawah ini akan dibahas beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang mengalami menstruasi lengkap dengan penjelasannya!

1. Makanan Asin

Yang pertama adalah makanan asin atau makanan dengan kadar garam yang tinggi. Sebaiknya perempuan yang sedang mengalami menstruasi menghindari makanan asin untuk sementara waktu hingga masa haid usai. Meski pun tidak bisa dipungkiri rasa asin memang menjadi kegemaran bagi sebagian banyak orang karena dapat menciptakan sensasi gurih pada makanan.

Hal ini dikarenakan kandungan garam tinggi dapat membuat penumpukan air, atau juga bisa disebut sebagai retensi. Retensi ini bisa menyebabkan perut menjadi terasa kembung. Tentunya ini merupakan hal yang tidak nyaman sekali, terlebih apabila berbarengan dengan kondisi nyeri haid.

2. Makanan Terlalu Manis

Konsumsi gula memang diperlukan untuk diubah menjadi tenaga oleh tubuh, namun segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak tidak baik pada tubuh. Apabila seseorang yang sedang menstruasi mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi, maka akan terjadi lonjakan energi secara mendadak yang mana ini merupakan hal yang kurang baik, karena energi juga dapat menurun dengan sangat drastis.

Seperti yang bisa diketahui sendiri, perempuan menstruasi seringkali mengalami perubahan mood yang sangat mendadak. Dengan penurunan energi yang drastis, tentunya akan membuat perempuan merasa lemas atau cepat marah, dan merasakan perasaan negatif.

3. Makanan Serta Minuman Berkafein

Yang ketiga adalah makanan serta minuman yang memiliki kadar kafein cukup tinggi. Hal ini sebaiknya dihindari karena kafein merupakan sesuatu yang sedikit keras atau tajam pada lambung.

Misalnya saja kopi, teh, atau makanan yang jelas mengandung bahan kafein. Karena bahan yang satu ini dapat menaikkan asam lambung, dan membuat rasa tidak nyaman pada perut.

Lebih baik untuk menghindari makanan atau minuman berkafein terlebih dahulu selama sedang haid. Apabila memang sangat suka, Anda dapat mengurangi takaran agar tidak berlebihan.

4. Makanan atau Minuman Berbahan Susu

Dan yang terakhir adalah makanan atau juga minuman yang mengandung susu, seperti keju dan kawan-kawannya. Sebaiknya para perempuan yang sedang menstruasi menghindari

bahan yang satu ini terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, kandungan susu dapat memicu terjadinya kram perut karena kandungan asam arakidonatnya.

Untuk melakukan hack agar tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah disebutkan barusan, para perempuan bisa minum air dengan cukup, dan lebih banyak memakan buah. Apabila perut sudah terisi atau merasa kenyang, besar kemungkinan menurunnya keinginan mengkonsumsi makanan-makanan yang diinginkan namun beresiko bagi Anda.

Semoga dengan adanya artikel ini, para perempuan dapat memilih langkah yang lebih bijak demi kesehatan tubuh saat sedang mengalami menstruasi.

Related Posts